Kamis, 19 Maret 2015

NOVEL : ARTI KEHIDUPAN YANG SESUNGGUHNYA



Di tengahnya larut malam ku sendiri hanya di temani dengan angin sepi, tersenyum hanya dengan seuntai kata lewat hembusan nafas ini. Hmmm...apa yg terjadi ketika semuanya t’lah tiada lagi, ketika kayu tlah hancur menjadi abu, ketika mimpi t’lah lebur menjadi angan semata, disitulah aku mulai merangkai mimpi yang t’lah hancur menjadikan sebuah angan cita-cita yang selalu menjadi harapan masa depan kelak. Mereka tersenyum penuh bahagia di matanya tapi aku hanya bisa tersenyum lewat kata yang terlintas di balik telingaku.
Aku rindu akan hadirnya sosok seorang ibu di sisiku, aku merindu akan belaian tangan dekapannyaL. Ku harap suatu saat nanti aku bisa menjadi sauri teladan bagi adikku kelak, di saat sepi seakan membunuh yang ku harapkan hanya dekapan peluk ibu yang selalu ada dalam keadaan apapun, dalam situasi apapun.
Ya Tuhan..kapan kau berikan ku hikmah atas semua hal yang tlah terjadi, kapan kau tunjukan kebesaranmu padaku. Tak ada yang ku harapkan selain hanya keridhoan-MU ya Ilahi rabb. Di saat semua orang menjauhiku tak ada tempatu mengadu selain hanya pada-MU, disaat semua orang menghinaku tak ada yang bisa ku perbuat selain meminta petunjuk-MU. Aku diam bukan berarti aku merasa lemah, tapi aku diam karena aku pikir jalan yang terbaik cukup diam tanpa banyak kata yang ku ucapkan. Hmmm.. suatu saat kelak mereka pasti akan merasakan pahitnya hidup, tetapi jika seorang tak pernah mengeluh akan semua itu dan tak pernah menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi. Disitu pasti akan ada hikmah yang tak mereka duga, ketika mereka telah berhasil sukses menjalani proses perjalanan hidup.
Mereka tak pernah tau akan arti ketulusan yang sesungguhnya, tapi mereka akan tersadar betapa pentingnya arti sebuah ketulusan dan keridhoan seorang ibu. Jangan pernah kau salahkan ibumu hanya karena dia bawel,crewet terhadap hidupmu, jangan pernah kamu salahkan ibumu hanya karena kamu terlahir dari ibu yang miskin, tapi bersyukurlah atas apa yang t’lah kamu dapat, karena belum tentu orang lain masih mempunyai sosok seorang ibu, dan ingatlah diluar sana masih banyak orang yang lebih kekurangan dari pada kita yang hanya hidup serba pas-pasan. Jika yang kamu bisa hanya mengeluh dan emosi atas apa yang tlah terjadi ,lalu apa arti sebuah perjalanan hidup ini bagimu? Apa gunanya kamu hidup tanpa ada usaha? ...ingatlah jangan pernah kau sia-siakan hidup ini, jika seseorang memanfaatkan dan menjalani kehidupan dunia ini dengan baik dan tidak menyalah artikan kekuasaan Allah SWT, mereka tak akan pernah meminta untuk hidup beberapa kali, karena bagi mereka hidup cukup sekali sudah lebih dari cukup dari apa yang tlah mereka dapati. Selalu semangat dan pantang menyerah untuk meghadapi disetiap masalah yang di hadapi. Tak pernah mengeluh atas musibah yang di jalani. Karena baginya semua itu pasti akan ada hikmah dan hidayah-Nya.
Ketika seorang mempunya mimpi, disitu pasti ada suatu proses usaha yang di perjuangkan. Tak pernah mundur akan semua aral rintangan yang menghalangi, tak pernah menyerah akan kegagalan yang menghampiri. Dia tak pernah tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang nanti, karena setiap hidup seseorang pasti mempunyai kejutan yang berbeda. Mereka mengerti apa yang harus mereka jalani, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan karena hidup adalah sebuah perjuangan perjalanan hidup yang harus di pertahankanJ
Memang banyak orang yang mengatakan kalau hidup itu perih, tetapi jika kita menjalaninya dengan penuh keikhlasan dan  sabar  yang tak ada henti hidup itu akan terasa indah dan orang yang mensyukuri segala sesuatu yang ia miliki hidup itu takkan terasa pahit/pun perih. Hidup itu jangan tergantung pada orang lain, namun kita hidup harus punya pendirian,konsisten dengan apa yang sudah menjadi prinsif hidup. Tak ada kata terlambat untuk kita memperbaiki diri. Dengan niat yang bersungguh-sungguh, keyakinan yang kuat dan tekad yang bulat semua itu akan terjadi sesuai dengan yang diharapkan. Percayalah hidup bukanlah sebuah beban yang harus dibawa kemana saja, tetapi hidup itu keberhasilan atas apa yang telah dijalani, tak memandang pahit atau manis. Karena orang yang sukses/berhasil itu tidak akan menjadikan apa yang di dapat menjadi sebuah kesuksesan tapi seorang yang sukses itu akan menjadikan proses di dalam usahanya sebagai pengalaman dan jika ia berhasil melewatinya, maka itulah arti kesuksesan yang sesungguhnyaJ

6 komentar: